Persalinan Presentasi Dahi, Bagaimana?


KASUS
Hari minggu di awal Bulan November jaga pagi di kamar bersalin dengan jumlah inpartu sampai 15 pasien pada satu shift jaga, baiklah, OB yang berdatangan sampai rencana induksin yang cukup banyak ‘nuntut’ untuk observasi ketat.
Ada beberapa yang akhirnya ‘naik’ section, selebihnya masih lanjut observasi karena bukaan banyak. Menjelang pergantian operan jaga, ada yang tetiba buka lengkap karena his memang sudah adekuat. Tapi memang waktu vt radak ‘aneh’, teraba moulage yang cukup ‘besar’, teraba UUB, dan batas yang tegas. Awalnya udah curiga keknya bisa jadi ini malposisi atau malpresentasi, posisi kepala udah turun di Hodge II dan progress kemajuan persalinan lambat, dan ternyata benar; presentasi dahi pada persalinan. Persalinan patologis yang biasanya posisi sungsang atau presentasi muka, kalau presentasi dahi? Termasuk kasus yang jarang, dari teori pun angka kejadian presentasi dahi ± 1 dari 400 persalinan. Qadarullah, bisa lahir normal dengan dibantu tim jaga pagi – dan jaga sore walaupun perlu perjuangaaaaan panjang dan resiko sedemikian besar dan perlu dikonsultasikan dengan dokter penanggungjawab yang terkait.


TEORI
Presentasi dahi adalah keadaan dimana kedudukan kepala berada di antara fleksi maksimal dan defleksi maksimal, sehingga dahi merupakan bagian terendah, dan ini bisa dikategorikan dengan malpresentasi. Kepala memasuki panggul dengan dahi melintang/miring pada waktu putar paksi dalam, dahi memutar kedepan depan dan berada di bawah arkus pubis, kemudian terjadi flexi sehingga belakang kepala terlahir melewati perinerum lalu terjadi deflexi sehingga lahirlah dagu. Untuk kasus yang sekarang, berubah menjadi presentasi muka seiring majunya persalinan. Etiologi disebabkan oleh panggul ibu sempit dan anak besar. 

-
Pada permulaan persalinan, diagnosis presentasi dahi sulit ditegakkan. Pemeriksaan luar memberikan hasil seperti pada presentasi muka, tetapi pada bagian kepala tidak seberapa menonjol. Denyut jantung janin jauh lebih jelas didengar dibagian dada, yaitu disebelah yang sama dengan bagian-bagian kecil. Pada persalinan baru dapat didiagnosa jika pembukaan besar – teraba sutura frontalis, uub pinggir orbita, dan pangkal hidung, dan tidak teraba dagu. Sebab terjadinya presentasi dahi sama seperti terjadinya presentasi muka. Penanganan; perlu segera sectio caesaria, kerena resiko untuk ibu dan bayi. 

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

KUNJUNGAN KE -