Wawancara Kompetensi & Kewenangan Staf (KKS) oleh Surveyor!




Bulan ini sibuk dengan persiapan akreditasi rumah sakit karena tim SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) akan ada kunjungan sekaligus penilaian ke rumah sakit kami; target paripurna!

Tim penilai (surveyor) akan berada di Rumah Sakit selama kurang lebih 3 hari, yang terdiri dari 3 orang (manajemen, medis dan keperawatan). Kami tim pelaksana persiapan lapangannya, mulai dari simulasi code red, code blue, dan lain-lain. Paling berkesan apa? ketika nama ada di daftar wawancara staff pada hari ketiga. Sebenarnya ini random sih, file-file kepegawaian yang terpilih oleh surveyor diambil acak siapa saja, jadi kadang kami pun nyebutnya ‘anak-anak yang namanya kejabut’ wk.

Jadi, ada wawancara kompetensi dan kewenangan staff (kks). Ketika itu dalam ruangan kami ada tiga meja, masing-masing sudah ada surveyor sesuai bidangnya; medis terdiri dari dokter-dokter, keperawatan dengan tim perawat, dan staff - tenaga kesehatan lain (rekam medik, teknik eletromedik, gizi, dan lain-lain, termasuk kami tim bidan).

Kami duduk sesuai urutan nama dan memegang file kami masing-masing sesuai permintaan surveyornya (kebetulan nama kami ada di urutan atas sendiri jadi kami duduk di pojok/ urutan pertama otomatis selalu jadi orang pertama yang mendapatkan pertanyaan wk) 

Surveyor memberi pertanyaan sambil pengecekan berkas-berkas, seperti; sk, uraian tugas, verifikasi ijazah-str-sikb, dalam setahun ikut pelatihan berapa kali (minimal harus lebih dari empat dan dibuktikan dengan sertifikat pelatihan), dan lain-lain. Untuk tes prakteknya, kami disediakan phantom disuruh melakukan resusitasi jantung paru (rjp), dipilih random lagi lima orang sama surveyor (dan lagi-lagi kami kena tunjuk kembali wk sebuah keberuntungan sekali yak), sejauh ini semua lancar sih, surveyornya juga super baik sekali, hamdalah.

Pengalaman sebagai tim bidan pelaksana ikut andil dalam proses penilaian akreditasi juga sih termasuk ilmu baru, semoga hasil; akreditasi paripurna!


~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

KUNJUNGAN KE -